Bikin Presentasi via JessyInk on Inkscape

Presentasi merupakan salah satu bentuk menyampaikan suatu gagasan ataupun hasil kegiatan. Presentasi diperlukan dalam berbagai bidang baik: ekonomi, pendidikan, perkantoran, kesehatan, dsb. Makin banyak kegiatan presentasi yang dilakukan, mulai dari sekolah, kampus, kantor, hingga suatu event promosi atau pun pemaparan tentang data dan pemikiran. Berbagai aplikasi komputer untuk membuat media presentasi hadir menawarkan fasilitas untuk membantu kegiatan presentasi. Namun beragam aplikasi presentasi tersebut terkadang mengalami kendala dalam kompatibilitas platform serta ketergantungan terhadap aplikasi pembuatnya.

Inkscape dikenal sebagai salah satu aplikasi pengolah gambar vektor yang terkemuka pada dunia opensource. Inkscape memiliki beragam ekstensi yang menambah fungsionalitasnya, salah satunya adalah JessyInk. Dengan menggunakan JessyInk, kita dapat membuat sebuah presentasi yang dapat dijalankan melalui beragam aplikasi peramban internet (Browser). Ketersediaan aplikasi peramban (Browser) di setiap komputer memastikan bahwa kita bisa menjalankan presentasi yang telah kita buat sehingga kita tidak khawatir bila nantinya tidak hadirnya aplikasi presentasi tertentu ketika kita harus berganti komputer. Penggunaan teknologi XML, javascript, dan gambar vektor menjadikan presentasi yang dibuat menggunakan JessyInk terasa lain bila dibandingkan dengan aplikasi pembuat presentasi pada umumnya.

Pada umumnya JessyInk telah terinstall dan merupakan ekstensi bawaan di aplikasi Inkscape. Dalam panduan ini penulis menggunakan Inkscape versi 0.48 dengan versi JessyInk 1.5.5, namun anda masih bisa menggunakan materi ini pada versi-versi yang lain. Disini tulisan mengenai JessyInk akan dibagi menjadi 3 bagian yaitu: A. membuat kerangka presentasi, B. memanfaatkan auto-text dan efek, serta C. perbesaran dengan view, menyisipkan video, pengaturan navigasi, dan summary. Untuk mempersingkat waktu langsung saja, kita akan bersama-sama belajar membuat presentasi menggunakan JessyInk dan Inkscape.

A. Membuat Kerangka Presentasi

1. Membuka program Inkscape
Untuk membuat presentasi dengan JessyInk tentu saja kita harus membuka aplikasi Inkscape terlebih dahulu, karena JessyInk merupakan salah satu ekstensi dari Inkscape. pada distro BlankOn kita dapat menemukannya di menu Aplikasi -> Grafis -> Inkscape (pengolah gambar vektor).

2. Mengatur bidang gambar
Pada umumnya presentasi disajikan dengan mengunakan media proyektor. Sedangkan kebanyakan proyektor yang ada di indonesia, baik di sekolah mauun kantor memiliki resolusi yang terbatas. Kali ini kita akan membuat suatu presentasi yang menyesuaikan keterbatasan resolusi pada proyektor. Ketik tombol Shift+Ctrl+D atau klik menu File -> Document Properties. Setelah muncul jendela Document Properties, kita ubah nilai dalam kolom Custom Size pada bagian Page Size menjadi 800 untuk Width dan 600 untuk Height, pastikan bahwa Units yang dipakai adalah px (pixel). Sebenarnya kita tidak harus mengacu pada ukuran 800×600 karena kita menggunakan pengolah gambar vektor, akan tetapi kita akan membuat suatu presentasi yang dapat disajikan dalam tampilan yang bagus (pas, tidak terpotong, dsb) ketika kita sajikan melalui proyektor nantinya.
Selanjutnya kita juga akan mengatur warna latar belakang. Masih pada jendela Document Properties, pada bagian General kita klik kolom warna Background sehingga muncul jendela Background color. Anda tinggal mengubahnya sesuai denga warna yang anda kehendaki. Anda bisa saja meninggalkan langkah ini, namun pemberian warna latar berguna untuk mengisi ruang kosong yang ada ketika nantinya ukuran slide lebih kecil dari ruang di peramban (browser). Dalam panduan ini kita akan memakai warna merah.
jessyink1

3. Mengaktifkan fitur JessyInk
Setelah persiapan bidang gambar selesai kita lakukan, maka kita siap untuk “memasang” fitur JessyInk pada file presentasi kita. Klik menu Extensions -> JessyInk -> Install/update hingga muncul jendela Install/update. Klik tombol Apply untuk mengaktifkan fitur ekstensi JessyInk. Fitur Install/update juga digunakan untuk mengupdate fitur JessyInk yang kita masukkan, saat kita memulai lagi pengeditan file yang telah disimpan sebelumnya.
jessyink2
Hint: untuk”menghapus” atau menonaktifkan JessyInk, anda bisa menggunakan fitur Extensions -> JessyInk -> Uninstall/remove. Setelah muncul jendela Unistall/remove, anda bisa memilih bagian atau fitur mana dari JessyInk yang akan hapus, lalu tekan tombol Apply.

4. Membuat slide pembuka (cover slide)
Pertama kita akan membuat slide pembuka (cover slide). Kita buat kotak besar berwarna orange yang menutupi bingkai bidang gambar. Caranya Klik ikon kotak (rectangle) pada toolbar di sisi kiri, atau tekan tombol shortcut F4. Setelah gambar kursor berubah, lakukan tekan dan tarik (click and drag) pada area yang dimaksud. Untuk mengatur besar kecilnya kotak kita bisa menggunakan select and transform, klik ikon gambar panah pada toolbar di sisi kiri atau dengan menekan tombol F1, lalu atur besar kecilnya dengan menarik tanda-tanda panah yang muncul di sisi luar kotak.
Bila kotak telah jadi kita dapat mengubah warna kotak melalui menu Object -> Fill and Stroke atau dengan menekan tombol Shift+Ctrl+F hingga muncul jendela satelit Fill and Stroke pada sisi kanan bidang gambar. Tabulasi Fill digunakan untuk merubah warna pada isi (bagian tengah) kotak, pada latihan kali ini kita ubah menjadi warna orange. Sementara itu ubahlah garis dari kotak dengan mengubahnya melalui tabulasi Stroke paint lalu kita pilih ikon gambar silang (no paint), untuk menghilangkan atau tidak memberi warna garis tepi dari kotak. Dengan cara yang sama, kita buat ornamen kotak-kotak penghias pada slide pembuka.
jessyink3
Hint:
untuk mempermudah dalam mengganti warna dari isi dan garis tepi pada kotak, kita dapat memanfaatkan palet warna yang tersedia pada bagian bawah bidang gambar. Untuk mengubah warna garis tepi kita bisa lakukan dengan mengklik warne palet yang kita inginkan sambil menekan tombol Shift. Sedangkan untuk mengubah warna isi kita bisa lakukan dengan mengklik palet sambil menekan tombol Ctrl.

Selanjutnya untuk menambahkan tulisan kita bisa melakukannya dengan mengklik ikon bergambar huruf A pada toolbar di sisi kiri atau dengan menekan tombol F8. Setelah kursor berubah, kita tinggal arahkan lalu klik untuk memulai membuat tulisan.

5. Membuat master slide
Pada JessyInk terdapat konsep yaitu: “setiap slide dalam suatu file merupakan satuan dari layer”, jadi untuk membuat slide yang baru kita tinggal menambahkan layer yang baru. Layer pertama merupakan slide pertama, layer kedua merupakan slide kedua, begitu seterusnya. Kali ini kita akan membuat slide kedua, yang berfungsi sebagai master slide. Master slide adalah slide yang menjadi template atau bentuk acuan bagi slide yang lain. Layaknya pada template, biasanya master slide akan berisi latar (back ground), tajuk (header), dan kaki (footer).
Pilih menu Layer -> Layers atau tekan tombol Shift+Ctrl+L hingga muncul jendela satelit Layers. Kita buat layer baru dengan menekan ikon gambar tanda + (create new layer) hingga muncul jendela Add layer, lalu kita beri nama “MASTER” lalu klik tombol Add. Sekalian kita ubah nama layer sebelumnya yaitu “Layer 1” menjadi “COVER”, caranya kita pilih “Layer 1” lalu klik kanan dan pilih “Rename Layer” maka muncullah jendela “Rename Layer” dan tinggal kita ganti Layer name.nya menjadi COVER dan klik tombol Rename.
Kembali pada layer “MASTER” dengan mengklik pada jendela Layers, lalu kita aktifkan fitur master slide di JessyInk. Pilih menu Extensions -> JessyInk -> Master slide, selanjutnya pada jendela Master Slide masukkan nama slide yang akan menjadi master dalam panduan ini “MASTER”.
Berikutnya kita hias slide master ini dengan latar, tajuk dan kaki. Pada panduan ini kita akan menggunakan latar yang sama dengan COVER. Kita klik layer Cover untuk mengaktifkan layer lalu kita salin kotak orange dengan cara mengklik kotak tersebut lalu tekan tombol Ctrl+C. Selanjutnya kembali ke layer MASTER, lalu pilih menu Edit -> Paste In Place atau tekan tombol Ctrl+Alt+V, maka gambar kotak orange akan tersalin pada tempat yang sama. Untuk tajuk dan kaki kita membuatnya dengan tool rectangle (gambar kotak di sisi kiri) dengan warna hitam (lihat kembali cara membuatnya pada langkah 4). Untuk memperindah tampilan tajuk dan kaki kita bisa membuat gradasi dengan tool gradient yang terletak di toolbar (sisi kiri) atau klik tombol Ctrl+F1. Kita pilih dahulu kotak tajuk lalu dengan menggunakan tool gradient setelah kursor berubah kita arahkan gradasi. Lakukan dengan cara tekan kursor lalu tarik (click and drag), kita bisa mengatur kembali gradasi dengan menarik tepian garis gradasi ke arah yang kita inginkan.
jessyink4
Hint:
untuk mempermudah pembuatan master slide kita bisa menonaktifkan tampilan dan pengubahan dari layer lain dengan mengklik ikon bergambar mata dan gembok. Di panduan ini kita bisa menutup tampilan dan mengunci layer COVER dengan cara menonktifkan ikon bergambar mata dan gembok yang ada di kiri nama layer.

Lanjut ke bagian 2 …..

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *