Ingin diperhatikan adalah salah satu hal yang menjadi keinginan banyak orang. Banyak cara yang ditempuh, bisa dengan menunjukkan prestasi, kelebihan, daya juang, dsb. Namun ada beberapa yang menggunakan cara-cara negatif, seperti menyakiti orang-orang yang dicintai, menyakiti diri sendiri, dsb.
Apapun itu, ingin diperhatikan menjadi semacam kebutuhan psikologis seseorang, bahkan bagi orang yang pendiam dan tidak terlalu suka menonjol. Masa sih? Silakan diselidiki sendiri :P.
Trus apa hubungannya dengan tutorial kali ini? Kali ini kita akan belajar membuat sebuah obyek tampak lebih menonjol—sehingga menjadi pusat perhatian, dengan membuat obyek yang lain menjadi satu warna.
  1. Pertama, siapkan sebuah foto yang berisi beberapa obyek. Saya menyiapkan foto beberapa apel yang bertumpuk di atas sebuah wadah.
  2. Duplikat layer dengan menekan Ctrl+Shit+D. Maka akan ada 2 layer yang sama persis.
  3. Klik layer yang paling atas, klik menu Colors>>Desaturate. Lalu klik opsi average>>Ok. Maka layer akan menjadi grayscale.
  4. Klik kanan pada layer yang paling atas, pilih Add Layer Mask. Lalu klik opsi White (Full Opacity). Maka disebelah kanan layer, akan muncul kotak berwarna putih (lingkaran merah).
  5. Klik Brush Tool, lalu pilih warna hitam (lingkaran biru). Pastikan kotak layer mask terseleksi (lingkaran merah). Sapukan brush pada salah satu apel yang ingin ditonjolkan.
  6. Maka layer atas akan tertutup dan menampakkan layer dibawahnya yang berwarna. Sampai di sini, salah satu apel sudah terlihat menonjol. Tapi kita akan buat beberapa langkah lagi.
  7. Pastikan layer pertama terpilih (lingkaran merah), pilih menu colors>>colorize. Atur hue: 39 dan saturation: 99, klik Ok. Maka buah yang lain berwarna sephia.
  8. Untuk mendapatkan hasil yang berbeda, kita bisa merubah mode pada layer atas. Pada contoh di bawah, saya atur layer mode-nya menjadi screen dan hue.

 

Selesai sudah tutorial kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Aamiin….
The following two tabs change content below.
Sehelai daun kering yang dahaga, mencari setetes embun dan setetes embun. Sehelai daun kering yang bertahan di tepian ranting, menunggu gugurnya. Sehelai daun kering yang berharap menjadi pupuk terbaik untuk generasi yang lebih baik.

Latest posts by redmoon05 (see all)

About redmoon05

Sehelai daun kering yang dahaga, mencari setetes embun dan setetes embun. Sehelai daun kering yang bertahan di tepian ranting, menunggu gugurnya. Sehelai daun kering yang berharap menjadi pupuk terbaik untuk generasi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *