Lagi-lagi ketemu dengan saya untuk bicara masalah presentasi, namun kali ini kita akan membahas salah satu ekstensi dari aplikasi gambar vektor Inkscape yang bernama Sozi. Sozi merupakan sebuah ekstensi yang digunakan untuk membuat presentasi sederhana yang ringan dan unik dengan sedikit “animasi” dari gambar vektor yang kita buat. Sozi bahkan disebutsebut menjadi subtitusi untuk aplikasi presentasi berbayar sekelas Prezi, walaupun demikian pembandingan antara keduanya merupakan hal yang sesungguhnya tidak bisa di-komparasikan secara head to head mengingat beberapa perbedaan baik secara teknis maupun secara produk.
Well tanpa banyak cingcau lagi, mari kita buat sebuah presentasi sederhana menggunakan Inkscape dan Sozi

Installasi
Ohya sebelum memakai Sozi tentunya kita perlu memasangnya terlebih dahulu dalam komputer kita. Terdapat beberapa kondisi yang kita alami:

  1. Bila kita telah memasang Sozi, berarti kita telah memasang Inkscape, maka kita tinggal memainkan Inkscape dan Sozi.
  2. Bila kita telah memasang Inkscape, namun belum terpasang sozi, maka kita harus memasang Sozi terlebih dahulu. Caranya kita bisa memanfaatkan paket yang tersedia dengan mencarinya dalam aplikasi paket menejer seperti Synaptic, masukkan kata kunci “Sozi”, lalu kita pasang. Apabila kita tidak menemukan Sozi dalam aplikasi paket menejer, maka kita perlu memasan sozi secara manual. Caranya kita unduh terlebih dahulu aplikasi sozi dari http://sozi.baierouge.fr/pages/download.html. Setelah berhasil terunduh, anda bisa memasang sozi sebagai ekstensi dari Inkscape. Oh ya sebelumnya anda pastikan dulu bahwa sistem komputer anda mendukung requirement dependensi dari sozi, anda bisa melihatnya di http://sozi.baierouge.fr/pages/install-linux.html.  Selanjutnya salinlah paket unduhan sozi ke direktori system atau direktori user dari Inkscape sesuai dengan keinginan anda. ketik sudo cp sozi-release-*.zip /usr/share/inkscape/ekstension untuk menyalin ke direktori system, atau ketik cp sozi-release-*.zip /home/user/.inscape/ekstension untuk menyalin ke direktori user. Setelah disalin anda tinggal mengekstraknya ketik sudo unzip sozi-release-*.zip atau unzip sozi-release-*.zip.
  3. Bila kita belum mempunyai aplikasi Inkscape, apalagi Sozi, maka kita perlu memasang Inscape terlebih dahulu 🙂 baru setelah Inscape terpasang anda melanjutkan memasang sozi (lihat langkah nomer 2)

Menggunakan Sozi

Next, saatnya kita membuat presentasi dengan menggunakan Sozi

  1. Buka aplikasi Inkscape
  2. Buatlah beberapa objek menggunakan toolbar pada bagian kiri jendela inkscape. Anda dapat membuat beberapa objek yang berbeda seperti : kotak, lingkaran, bintang, dan poligon, serta mengubah warna dari masing-masing objek dengan memanfaatkan palet warna di bagian bawah jendela. Tambahkan garis dan teks untuk melengkapi presentasi anda. Setelah materi presentasi yang anda buat telah dirasa cukup, maka saatnya untuk memakai ekstensi sozi
  3. Selanjutnya kita akan masuk pada bagian pembuatan animasi menggunakan sozi.a. Pertama kita pilih objek yang akan kita beri efek dengan sozi. Gunakan tool select and transform dengan mengklik ikon panah di toolbar sebelah kiri atau dengan menekan tombol F1, lalu kita klik pada objek yang ingin kita beri animasi.
    sozi1
    b. Setelah objek terpilih, kita buka menu Extension -> Sozi sehingga muncul jendela sozi. Pada jendela sozi terdapat beberapa parameter yang bisa kita atur untuk membuat sesuatu efek. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing parameter
    sozi2
    sozi3
    Duration -> lama durasi dari efek -> diisi dengan angka dalam satuan mili sekon
    Zoom -> besar-kecil perbesaran objek yang dikenai efek -> diisi dengan angka dalam persen
    Profile -> mengatur profil dari efek -> memilih profil yang tersedia pada combobox
    ketiga parameter tersebut merupakan pengatur efek transisi (Transition).
    Berikutnya terdapat sebuah kotak label serta tiga parameter yang digunakan untuk mengatur tampilan tiap frame. perlu diketahui dalam membuat presentasi menggunakan sozi, tiap slide disamakan dengan satu frame.
    Title -> memberi nama masing-masing frame -> mengetikkan judul slide yang anda buat
    Hide -> opsi menampilkan atau menyembunyikan objek yang dipilih -> centang untuk menyembunyikan objek, hilangkan centang untuk menampilkan objek
    Clip -> opsi memotong tampilan objek -> centang untuk memotong objek, hilangkan centang untuk menampilkan keseluruhan objek
    Timeout -> durasi tampil objek, dengan mengaktifkannya maka sekuen akan berganti setelah waktu timeout habis  -> diisi dengan angka dalam satuan mili sekon, sembari mencentang kotak pilihan.
    c. setelah anda menseting parameter sesuai keinginaan anda, anda harus menekan tombol new, untuk menjadikan setingan anda menjadi bagian sekuen dari animasi.
    d. Ulangi langkah yang sama untuk setiap objek yang ingin kita animasikan
    e. Setelah membuat beberapa sekuen animasi, anda bisa melihat dan mengaturnya pada bagian kanan jendela sozi. Gunakan tombol pengaturan keatas dan kebawah untuk mengatur urutan objek yang akan ditampilkan.
    f. Untuk menghapus sekuen tampilan animasi, anda bisa menggunakan tombol remove dengan terlebih dahulu memilih sekuen yang akan dihilangkan.
    g. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan sozi dengan menekan tombol save, setelah kita selesai melakukan pengaturan atau sebelum kita keluar dari sozi
  4. Terakhir, kita simpan file yang telah kita buat dengan memilih menu File -> Save atau dengan menekan tombol Ctrl+S.
    sozi4
  5. Untuk mencoba file yang telah kita simpan tersebut, kita tinggal membukanya menggunakan Browser pilihan kita.

Anda dapat mengunduh contoh karya sozi yang saya buat dengan klik disini. Selamat mencoba, sampai jumpa pada panduan yang lain 😀

 

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *