Mewarnai dan memberi teks

Warna merupakan salah satu elemen desain yang dapat memberikan kesan. Ada beberapa cara untuk mewarnai gambar pada Tux Paint. Kesemuanya memiliki kesamaan yaitu penggunaan palet warna. Palet warna adalah ikon-ikon pilihan warna yang terletak pada bagian bawah bidang gambar.

# Mengatur warna dari objek. Ketika kita menggunakan fitur Shapes kita dapat mengatur warna garis tepi dan isian dari bangun/objek gambar.

> Caranya kita pilih Tools > Shapes, lalu pikih bangun yang kita inginkan dengan mengklik pada ikon di sebelah kanan.

> Berikutnya kita melakukan pemilihan warna di palet warna terlebih dahulu. Klik pada palet warna yang kita inginkan.

> Terakhir kita terapkan hasilnya dengan mengklik pada bidang gambar.

# Menggunakan kuas.

> Klik pada ikon Tool > Paint, setelah kursor berubah menjadi gambar kuas, kita pilih palet warna pada kolom palet di bagian bawah bidang gambar.

> Klik pada palet warna yang diinginkan, bila kita menginginkan warna yang lain kita bisa menggunakan palet yang paling kanan untuk mengatur pemilihan warna baru. Gunakan palet warna ini setiap kali kita ingin berganti ke warna yang lain.

> Selanjutnya tinggal kita terapkan kuas ke bidang gambar dengan klik dan drag menggunakan tetikus.

# Menggunakan fitur Fill. Fitur Fill akan mewarnai suatu bidang yang dibatasi(dikelilingi) oleh garis.

> Klik Tools > New, lalu pilihlah contoh gambar pesawat terbang dengan menekan ikon panah ke bawah).

> Berikutnya kita pilih Tool > Magic lalu pada bagian kanan layar kita klik pada ikon Fill.

> Sebelum menerapkan Fill ke gambar, terlebih dulu kita pilih palet warna yang kita inginkan. Klik pada pilihan palet warna bi bagian bawah layar.

> Selanjutnya gunakan kursor tetikus lalu klik pada bagian gambar pesawat untuk mewarnainya (menerapkan Fill).

> Untuk mengganti warna yang ingin kita terapkan, kita cukup memilih (klik) pada palet warna yang lain

Memberi tulisan

Sangat logis bila anak ingin mencantumkan namanya ke hasil gambarnya, karena para seniman terkenal sering melakukannya 😀 . Untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan fitur Teks.

> Klik ikon Tools > Teks, sehingga tajuk pada ikon di sebelah kanan layar berubah menjadi Letters.

> Pada bagian Letters terdapat sejumlah ikon yang mengatur gaya/format penulisan. Tiga ikon di bagian atas untuk mengatur jenis huruf yang digunakan. Dua ikon yang berada di atas ikon tanda panah, mengatur tentang tebal-tipis (bold) serta tegak-miring (italic) huruf. Sementara itu ikon tanda panah atas-bawah digunakan untuk pengaturan besar-kecil ukuran huruf.

Memamerkan hasil gambar

Anak-anak sangat senang bila hasil karyanya ditunjukkan ke orang lain. Disamping dapat meningkatkan rasa bangga, anak juga belajar untuk menerima berbagai tanggapan dan saran dari orang lain. Ada dua cara untuk menunjukkan hasil menggambar anak, pertama dengan slide presentasi, dan yang kedua dengan mencetak(print).

# Menggunakan Slide

Kita dapat menunjukkan gambar-gambar anak yang telah disimpan dengan menggaunakan slide yang akan langsung diputar pada Tux Paint.

> Pilih (klik) Tools > Open, lalu pada bagian kiri bawah disamping tombol Open, kita klik tombol Slide

> Sebelum menjalankan slide, kita atur terlebih dahulu kecepatan tampilan slide, dengan menggunakan penyeting kecepatan (berupa susunan garis) yang terletak di samping tombol Play

> Lalu kita tekan (klik) tombol Play untuk menjalankan slide

# Mencetak gambar

Selain dengan slide, kita juga dapat menunjukkan hasil gambar anak ke orang lain dengan mencetaknya menggunakan printer. Sedikit saran, bila kita ingin mencetak banyak gambar, ada baiknya untuk menggunakan kertas bekas yaitu pada bagian belakang lembaran kertas yang sudah tidak terpakai. Budayakan prinsip Paperless selagi anak masih kecil.

> Setelah anak selesai menggambar, kita dapat langsung menekan ikon Tools > Print untuk melakukan pencetakan lewat printer.

> Kita juga dapat mencetak gambar yang telah disimpan dengan menekan ikon Tools > Open lalu pilih gambar yang ingin dibuka dan klik tombol Open. Selanjutnya tinggal kita cetak dengan menekan ikon Tools > Print.

Demikian sedikit materi tentang penggunaan Tux Paint. Sedikit saran dari saya, setelah mengenalkan cara pemakaian Tux Paint kepada anak, sangat penting bagi kita untuk memberikan kebebasan dan mendorong keberanian bagi anak dalam menggambar. Tentu saja beragam bimbingan dan pengawasan juga masih perlu dilakukan saat anak menggambar dengan Tux Paint. Saya merasa yakin bahwa aplikasi Tux Paint dapat menjadi sarana pembelajaran bagi anak dalam berkreatifitas, dan juga sebagai sarana belajar mengenal komputer serta “menjembatani” proses belajar beragam aplikasi pengolah gambar yang lainnya yang lebih kompleks seperti Inkscape, Gimp, Xara, dan lain sebagainya. Setidaknya satu hal yang menjadi keunggulan penggunaan Tux Paint adalah tembok rumah kita akan menjadi lebih bersih karena tidak lagi menjadi media untuk menyatakan ekspresi menggambar dari sang buah hati 😀 . Semoga bermanfaat.

<- Kembali ke panduan Belajar Menggambar Dengan Tux Paint bagian 1

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

2 thoughts on “Menggambar dengan Tux Paint (bagian 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *