Masa kanak-kanan sangat identik dengan kegiatan bermain. Kegiatan bermain tanpa disadari adalah suatu bentuk kegiatan belajar dari anak dalam menanggapi dan mengenal diri dan lingkungannya. Menggambar dapat diterjemahkan sebagai suatu bentuk permainan sekaligus pembelajaran bagi anak. Gambar anak-anak dapat mencerminkan perkembangan mental dan fisik mereka. Hasil menggambar anak dapat digunakan untuk mengetahui sifat dan keadaan psikologis mereka. Dari interpertasi hasil menggambar anak, para pendidik dapat menentukan perlakuan, motivasi dan bimbingan yang perlu diberikan pada anak. Dengan demikian pendidik dapat mengakomodasi perkembangan dan kelebihan mereka serta mengatasi masalah dan kekurangan yang mungkin ada pada diri anak.

Di zaman yang modern ini komputer telah banyak digunakan untuk membantu beragam aktifitas manusia. Bekerja, belajar, bahkan bermain dapat dilakukan dengan bantuan perangkat komputer. Beragam aplikasi yang ditujukan untuk kegiatan menggambar telah banyak dibuat serta digunakan. Beberapa aplikasi pengolah gambar telah lama digunakan oleh orang dewasa sebagai penunjang kegiatan seni, belajar, dan bekerja mereka. Lalu adakah aplikasi pengolah gambar yang diperuntukkan bagi anak-anak?. Jawabannya tentu saja ada. Lagi-lagi para pengembang FOSS melalui proyek Tux4Kids dan bantuan New Breed Software, telah membuat suatu aplikasi pengolah gambar yang dapat digunakan oleh anak-anak. Tux Paint adalah aplikasi pengolah gambar vektor yang diperuntukkan untuk belajar menggambar bagi anak-anak, dan mengenalkan mereka dengan dunia menggambar menggunakan komputer.

Pada panduan berikut ini kita akan memperkenalkan aplikasi Tux Paint kepada anak. Kita akan memperkenalkan fitur Tux paint sekaligus mengajarkan elemen-elemen dasar dalam mendesain suatu gambar.

Instalasi

Pada destop BlankOn, kita dapat memasang aplikasi Tux Paint dengan menggunakan aplikasi manajemen pakte yaitu Synaptic, kita tinggal mengetikkan “tuxpaint” pada kolom pencarian lalu melakukan pemasangan seperti pada aplikasi yang lain. Alternatif pemasangan yang lain adalah dengan menggunakan aplikasi terminal, lalu kita ketikkan “sudo apt-get install tuxpaint” lalu tekan enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.

Membuka dan Mengenal Antar Muka Tux Paint

Setelah melakukan pemasangan, kita dapat membuka aplikasi Tux Paint dengan mengklik menu Applications > Educations > Tux Paints.

Tux Paint memiliki tampilan antara muka yang sederhana. Pada bagian tengah (layar putih polos) merupakan area atau bidang gambar.

Di sisi kiri terdapat deretan ikon peralatan (Tools) yang dapat dipergunakan dalam menggambar. Kita dapat memilih aneka tool yang tersedia dengan mengklik pada ikon masing-masing tool. Selain tool di dalam deretan ikon tersebut terdapat beberapa ikon yang berfungsi untuk membuat file (gambar) baru, membuka file (gambar) lama, menyimpan hasil gambar, mencetak (print) hasil gambar, serta ikon untuk keluar dari aplikasi Tux Paint.

Sementara itu pada bagian sisi sebelah kanan adalah rincian fitur dari masing-masing tool yang kita pilih. Tajuk pada sisi ini akan berubah sesuai dengan tool yang telah kita pilih. Gunakan (klik pada) tanda panah atas dan bawah untuk memunculkan aneka macam fitur yang tersedia dari setiap tool.

Pada bagian bawah terdapat pallet warna (Colors) yang dapat digunakan untuk mengatur warna bersamaan dengan tool yang kita pilih. Pada ujung sebelah kanan palet terdapat ikon yang membuka jendela pemilihan warna secara kostum. Oh ya di bagian bawah terdapat Tux yang akan memandu kita dalam kegiatan menggambar kita menggunakan Tux Paint :D.

Untuk keluar dari aplikasi Tux Paint kita dapat menggunakan ikon Tools > Quit atau dengan mengklik tanda silang(Close) di bagian pojok kanan atas jendela Tux Paint. Pilih Yes untuk keluar, dan No untuk tetap menjalankan Tux Paint.

Materi lebih lanjut tentang penggunaan Tools pada Tux Paint serta elemen dasar dari desain akan disambung pada panduan berikutnya.

-> Belajar Menggambar Dengan Tux Paint

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *