RadioTray adalah aplikasi pemutar radio streaming yang berjalan di tray pada sistem operasi GNU/Linux. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah mengutamakan desain minimalis untuk mendengarkan radio streaming. Informasi lengkap dan tangkapan layar, dapat Anda simak pada pranala http://radiotray.sourceforge.net/

Anda dapat memasang aplikasi ini melalui software maupun melalui terminal dengan mengetikkan perintah:

$ sudo apt-get install radiotray

Setelah terpasang, ternyata aplikasi Radiotray di BlankOn Tambora tidak memberikan respon sama sekali bila dijalankan melalui menu aplikasi. Galat dari aplikasi ini baru diketahui setelah mencoba menjalankannya melalui terminal:

ayid@blankon:~$ radiotray

/usr/lib/python2.7/dist-packages/radiotray/XmlDataProvider.py:23: PyGIWarning: Gtk was imported without specifying a version first. Use gi.require_version(‘Gtk’, ‘3.0’) before import to ensure that the right version gets loaded.

from gi.repository import Gtk

Traceback (most recent call last):

File “/usr/bin/radiotray”, line 12, in <module>

os.chdir(workdir)

OSError: [Errno 2] No such file or directory: ‘/usr/bin/src’

Setelah mencari beberapa referensi, ternyata pesan galat di atas telah dinyatakan sebagai kutu. Axel, salah satu pengguna Ubuntu memberikan keterangan bahwa radiotray membutuhkan paket tambahan yang tidak terpasang secara bawaan yaitu “python-xdg”. Silakan pasang paket “python-xdg” (36,2 kb) dengan mengetikkan perintah berikut di terminal:

$ sudo apt-get install python-xdg

Nah, sekarang aplikasi ini telah berfungsi normal, saya mencoba mendengarkan radio favorit saya, Radio An-Nashihah, dengan alamat http://streaming.an-nashihah.com:8022 alhamdulillah lancar.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *