Audacity merupakan perangkat lunak bebas terbuka yang multi-platform (GNU/Linux, Windows, dan Mac) untuk merekam dan menyunting suara. Aplikasi ini dikerjakan secara gotong royong oleh komunitas sejak tahun 1995 hingga sekarang. Saat ini rilis yang terbaru telah mencapai versi 2.1.3.

Panduan ini sebenarnya telah dijelaskan prinsipnya dalam manual Audacity namun menggunakan sistem operasi Windows. Karena saya pengguna GNU/Linux, akhirnya dengan beberapa penyesuaian, alhamdulillah, bisa merekam suara langsung dari keluaran (output) amplifier (pengeras suara). Berikut akan dijelaskan hal-hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan sampai pada proses perekaman dan penyimpanan suara.

Perhatian! Tulisan ini disusun oleh seorang pemula dan murni eksperimental (sudah diujicobakan pada beberapa laptop dengan merk dan spesifikasi berbeda, Alhamdulillah dapat berfungsi sebagaimana mestinya). Segala kerusakan baik dari perangkat lunak maupun perangkat keras bukan menjadi tanggung jawab kami.

Manfaat

* Kegiatan merekam dari keluaran amplifier dapat diaplikasikan pada kajian agama Islam di masjid, khutbah jumat ataupun seminar suatu disiplin ilmu.

* Kualitas dari hasil rekaman lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional. Langkah selanjutnya tinggal menyunting dan mereduksi sedikit noise dari rekaman.

Persiapan

Yang perlu dipersiapkan sebelum proses perekaman yaitu:

a. Aplikasi Audacity (dalam tutorial ini, saya menggunakan versi 2.1.2 yang berjalan di atas sistem operasi BlankOn Tambora)

Pasang Audacity dengan menjalankan perintah di Terminal

$ sudo apt-get install audacity

b. Aplikasi QasMixer (dalam tutorial ini digunakan versi 0.21.0)

Pasang QasMixer dengan menjalankan perintah di Terminal

$ sudo apt-get install qasmixer

c. Kabel RCA 3.5mm

Biasanya kabel ini dikenal dengan nama kabel “audio-video”. Silakan cari seperti pada gambar di bawah ini. Semakin panjang kabelnya semakin baik agar laptop tidak perlu diletakkan dekat dengan amplifier.

d. Audio splitter (kondisional)

Jika laptop anda hanya memiliki satu masukan (input), anda dapat menggunakan audio splitter. Anda dapat mencari produk ini di toko elektronik terdekat atau pesan di toko ini misalnya.

Pengaturan

Setelah memasang aplikasi Audacity dan QasMixer, diperlukan sedikit pengaturan sebelum dapat melakukan proses perekaman.

0. Konfigurasi Input Mixer

Pada sistem operasi BlankOn Tambora, pastikan “Input” dalam keadaan aktif dan “unamplified”. Klik kanan pada ikon suara pada tray lalu pilih “Open Mixer” dan lakukan seperti pada gambar di bawah ini:

1. Pemasangan kabel RCA

Masukkan dua ujung kabel RCA ke dua lubang “Rec Out” pada amplifier (produk TOA dalam contoh kali ini) seperti pada gambar di bawah.

 

 

Ujung kabel yang satu dimasukkan ke dalam lubang input (Mik) dari laptop. Jika hanya terdapat satu lubang masukan, gunakan audio splitter.

2. Konfigurasi Audacity

a. Buka aplikasi Audacity melalui menu utama

b. PilihHDA Intel …padarecording device”. Jika toolbar ini tidak tampil, centangDevice Toolbarpada menu view > toolbars

c. Karena hanya berupa dokumentasi ilmu, maka saya cukupkan dengan Monopadarecording channel

3. Konfigurasi QasMixer

a. Buka QasMixer melalui menu utama

b. Tekan tombol “Mik” di pojok kanan bawah layar aplikasi

c. Buka “View”, lalu Centang “Show Device Selection” atau tekan tombol F6

d. Dalam Kotak “Mixer Device”, Pilih “hw : Card”, maka akan tampak seperti gambar berikut:

Prinsipnya yaitu antara mixer device (QasMixer) dan recording device (Audacity) haruslah sama. Jika setelah memilih HDA, proses rekaman tidak berhasil, anda dapat mencoba default. Silakan sesuaikan pada mixer device (QasMixer) dan recording device (Audacity).

e. Bagian “Capture”, atur nilainya menjadi -3,00 dB

Nilai -3,00 dB, saya dapatkan dari proses coba dan gagal. Anda bisa menyesuaikan nanti nilai ini ketika merekam dengan melihat audiogram di Audacity.

Catatan:

Agar Nilai ini tersimpan ketika aplikasi dijalankan ulang, bukaFile > Settings”. Pada bagianStartup”, pilihfrom last session”.

Proses Perekaman

Kini saatnya kita mencoba untuk merekam keluaran dari amplifier. Bukalah aplikasi Audacity dan QasMixer, kemudian tekan “R” atau tombol rekam. Berbicaralah dengan menggunakan mikrofon yang tersambung dengan amplifier, dan amati serta atur nilai “Capture” pada QasMixer agar audiogram-nya tidak terlalu tinggi, yang justru dapat mengakibatkan “perangkat suara” Laptop Anda mengalami kerusakan.

Audiogram yang sesuai dengan yang saya harapkan, tidak terlalu besar dan terlalu kecil, pertengahan.

Audiogram terlalu besar

Jika audiogram-nya terlalu besar seperti tepat pada gambar di atas, maka Anda dapat menyesuaikan nilai “Capture” yang semula -3,00 dB menjadi < -3,00 dB, misalnya -5,00 dB, atau -7,00 dB dan seterusnya. Untuk memperbesar, naikkan nilai “Capture” menjadi > -3,00 dB. Jika audiogram yang dihasilkan masih kecil, silakan atur “Mic boost” di pengaturan QasMixer.

Saat proses rekaman berlangsung, pastikan bahwa laptop Anda tidak “suspend” atau “standby” agar tidak menghentikan proses rekaman. Silakan buka “Settings > Power” dari BlankOn Tambora kemudian nonaktifkan “Automatic Suspend” dan “Dim Screen”. Jika perlu, pilih opsi “never” untuk “Blank Screen”. Tak lupa tekan tombol “zoom in” jika ingin melihat skala waktu rekaman selisih satu detik.

Catatan:

Ketika Anda mengeluarkan kabel RCA dari input Laptop, maka nilai “Capture” pada QasMixer akan kembali seperti semula sebelum dipasang pada input. QasMixer membedakan pengaturan saat kabel RCA sedang dimasukkan ke input laptop dan saat tidak ada kabel RCA yang terpasang pada input laptop.

Penyimpanan

Untuk menghentikan proses rekaman, tekan tombol stop. Simpan hasil rekaman tersebut melalui menu File > Export Audio atau menekan pintasan Shift + Ctrl + E. Pilih target folder dan format berkas (dalam contoh ini saya menyimpan hasil rekaman dalam format *.ogg dengan kualitas nomor 4) seperti pada gambar di bawah ini:

Catatan:

Terkadang saya juga menyimpan dalam format *.mp3 , dan diantara kebiasaan saya yaitu menyimpan berkas dengan parameter bitrate mode: Constant dan quality: 32 atau 64 kbps

Penutup

Tak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih kepada kang Maududijmal rahim yang telah mengenalkan QasMixer kepada saya. Semoga panduan yang sederhana ini dapat bermanfaat serta dapat dikoreksi/disempurnakan di masa-masa mendatang.

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *