> Aktifitas Percobaan → mengajak anak untuk mengenal alam lewat sains

Sains lebih kita kenal di sekolahan sebagai mata pelajaran IPA(Ilmu Pengetahuan Alam). Kegiatan sains sangatlah menyenangkan karena beberapa alasan: dapat menggunakan seluruh indera dan tipe belajar untuk memperoleh informasi dan pengetahuan, pengenalan terhadap prinsip ilmiah dalam memperoleh suatu pengetahuan, pengenalan tentang alam dan hubungan timbal balik dengan diri sendiri sehingga anak akan menjadi lebih sadar terhadap tujuan belajarnya. Kegiatan sains membantu mengembangkan domain kecerdasan naturalistik dari anak. Selain itu pembelajaran sains juga dapat menanamkan pola pikir yang analitis, logis, serta ilmiah kepada anak.

gcompris112

@ Penerjun payung

Terjun payung merupakan salah satu olah raga yang menarik, walaupun kita hanya sekedar mengamatinya :D. Mengenalkan anak pada gaya tarik bumi atau gravitasi dapat dilakukan dengan melakukan permainan ini. Anak akan mensimulasikan kegiatan terjun payung dan membantu Tux untuk terjun dan mendarat pada kapal. Mula-mula pemain harus menklik pesawat untuk menerjunkan Tux si penerjun, lalu klik pada Tux untuk membuka parasutnya. Gunakan tombol panah atas bawah untuk mengatur kecepatan terjunnya.

gcompris113

@ Mengoperasikan kunci saluran

Pernah kah anda mendengar tentang Terusan Panama, Terusan Suez?. Bagaimana kapal-kapal berukuran raksasa dapat melintas di kanal-kanal yang sempit dengan perbedaan elevasi (tinggi) permukaan air. Anda dan juga putra-putri anda dapat mengetahinya dengan melakukan simulasi pada permainan ini. Kita dapat mengenalkan kepada anak mengenai sifat fluida dan prinsip hidrolik :D. Pemain akan bertugas mengatur pintu air. Bukalah gerbang (hijau besar) dan kunci (kuning kecil) dengan urutan yang sesuai, sehingga Tux dapat lewat dalam dua arah.

gcompris114

@ Belajar mengenai saluran air

Belajar mengenai saluran air merupakan simulasi permainan yang mengenalkan anak dengan siklus air. Dalam permainan ini pemain diharuskan untuk mengatur suatu unit pengolahan air beserta tandon air dan jaringan pipa penyalurnya sehingga air dapat terdistribusi ke kota dan rumah Tux si Penguin. Lakukan klik pada masing-masing objek mulai dari Matahari hingga keran di kamar mandi Tux 😀 secara berurutan guna mempelajari siklus air dan pemanfaatannya bagi manusia.

gcompris115

@ Learn about an electrical system based and renewable energy

Pada permainan ini kita akan belajar mengenai pemanfaatan berbagai energi terbarukan untuk pembangkit energi (listrik). Permainan ini terdiri datri tiga level. Level pertama kita akan memanfaatkan air untuk menggerakkan turbin pada PLTA lalu menyalurkannya ke kota dan rumah Tux melalui jaringan serta stasiun transmisi . Di level kedua kita akan memanfaatkan angin untuk menggerakkan kincir angin sehingga menghasilkan listrik lebih banyak. Di level ketiga kita akan dikenalkan dengan panel surya (solar cell) sebagai pembangkit listrik tenaga surya (matahari).

gcompris116

@ Mengemudikan Kapal Selam

Permainan Mengemudikan Kapal Selam akan mengajak anak untuk berlatih hukum fisika mengenai sistem hidrolik pada kapal selam. Pemain harus menggerakkan kapal selam melalui pengaturan instrumen (baling-baling, sirip, catudaya, dan tangki udara). Hindarilah rintangan berupa ikan paus dan kapal tanker. Untuk membuka gerbang pintu keluar di dalam air, pemain harus meraih mahkota terlebih dahulu. Permainan ini sangat menantang, cobalah 😀 .

gcompris117

@ Listrik

Pada permainan ini akan akan diajak untuk bermain simulasi rangkaian listrik sederhana. Anak akan diajarkan untuk merangkai alat-alat elektronika dari panel di sisi kiri layar, guna menyusun sebuah rangkaian listrik. Materi permainan ini mungkin terasa agak berat untuk diajarkan kepada anak kecil, namun kita dapat mengenalkan beberapa konsep sederhana seperti kutup positif-negatif, arus listrik untuk menghidupkan lampu, kabel untuk mengalirkan listrik dari baterai ke lampu, dan sebagainya. Oleh karena itu dampingi dan berikan penjelasan pada anak saat memainkan permainan ini. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi simulator listrik Gnucap sebelum bermain permainan ini.

gcompris118

@ Perlombaan laut (1 pemain)

Di kegiatan ini, kamu akan belajar memberikan perintah pada komputer. Permainan ini dapat digunakan untuk mengenalkan konsep pemrograman pada anak. Di kotak teks, masukkan satu perintah tiap baris, untuk mengendalikan perahu. Perintah yang dikenal adalah yang ada di tengah-tengah. Perintah ‘kiri’ dan ‘kanan’ harus diikuti dengan ‘sudut’ dalam derajat. Nilai sudut juga disebut parameter terhadap perintah ‘kiri’ atau ‘kanan’. Secara standar, sudut yang digunakan adalah 45. Perintah ‘maju’ menerima parameter jarak. Secara standar yang digunakan adalah 1. Sebagai contoh: ‘kiri 90 : berarti berputar ke kiri 90 derajat maju 10 : berarti maju 10 unit kotak seperti terlihat pada paling kiri dan atas kanan 45 : berarti berputar ke kanan 45 derajat’. Tujuan pemain adalah mencapai kanan layar (garis merah). Jika selesai, kamu dapat meningkatkan level dan membuat pertandingan baru dengan kondisi cuaca (arah angin) yang sama dengan tombol ‘ulangi’ (dua panah bengkok hijau). Kamu dapat mengeklik tetikus dan menyeretnya ke mana saja di peta untuk melihat nilai jarak dan sudut.

gcompris119

@ Perlombaan laut (2 pemain)

Serupa dengan permainan Perlombaan laut, hanya saja dapat dimainkan dengan dua orang pemain.

gcompris120

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

Artikel selanjutnya →

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

3 thoughts on “Bermain dan Belajar dengan GCompris #16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *