> Permainan Strategi → berisi aneka macam permainan strategi

Bermain strategi dapat memberikan beragam manfaat bagi anak, salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan problem base atau problem solving. Anak akan diajak untuk mengkreasikan epemikiran mereka secara unik dalam menyelesaikan suatu tantangan. Boleh jadi nantinya setiap anak akan memiliki solusi yang berbeda dalam mengatasi permainan strategi, dan hal itu dapat melatih kreativitas dari tiap anak. Terdapat lima bentuk permainan dari tema Permainan strategi.

gcompris121

# Latihan catur

Catur merupakan salah satu permainan strategi yang sudah terkenal luas sejak dahulu. Dalam permainan ini anak akan dikenalkan dengan permainan catur, baik bidak-bidaknya maupun aturan mainnya. Terdapat tiga modus belajar dalam kegiatan permainan catur ini yaitu: modus belajar dengan komputer, bermain melawan teman, dan bermain melawan komputer. Sebelum melakukan kegiatan latihan catur, terlebih dahulu kita harus memasang aplikasi Gnuchess supaya bisa melakukan kegiatan Latihan catur. Dampingi dan berikan pengarahan kepada anak dalam mengenalkan permainan catur ini.

gcompris122

@ Oware (congklak)

Oware atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Congklak atau Dakon (Jawa), merupakan permainan tradisional yang dahulunya biasa dimainkan oleh anak-anak perempuan. Permainan ini biasa dilakukan oleh dua orang pemain dan masing masing memiliki sebuah rumah di kutup papan permainan. Dalam permaianan ini pemain harus mengatur langkah dalam mengambil biji congklak di kolom yang mana yang harus diambil supaya mengisi rumah yang dimiliki dengan banyak biji congklak.

gcompris123

@ Mengisi batang

Permaian Mengisi batang akan melatih anak untuk menggunakan logikanya. Prinsip permainan ini adalah menaruh bola ke dalam lubang. Pemain akan melawan Tux, dan jika ingin agar Tux main duluan, maka klik dia. Terdapat gambar indikator jumlah maksimal bola yang dapat dimainkan (boa berwarna sian). Gunakan tombol di bagian kanan bawah untuk mengatur jumlah bola yang akan dimasukkan. Pemain akan menang jika Tux (komputer) yang menaruh bola terakhir (di lubang berwarna merah).

gcompris124

@ 4 bersambung

Permainan ini merupakan permainan strategi menyusun bola sehingga membentuk garis sambung yang terdiri dari empat bola yang sama dalam susunan vertikal, horisontal, ataupun diagonal. Klik pada posisi di dalam baris tempat ingin meletakkan bola. Pemain juga dapat menggunakan tombol anak panah untuk menggerakkan bola ke kiri atau ke kanan, dan tombol ke bawah atau spasi untuk meletakkan bola.

gcompris125

@ 4 bersambung (2 pemain)

Serupa dengan permainan sebelumnya hanya saja dapat dimainkan oleh dua orang pemain.

gcompris126

Sebelum saya akhiri panduan GCompris ini saya ingin menyampaikan beberapa pesan. Dalam kegiatan pembelajaran, GCompris ibarat sebuah alat. Maksud saya adalah sebagai sebuah sarana atau media pembelajaran, GCompris tidak memaksakan orang tua atau pendidik untuk menggunakan model atau pendekatan belajar tertentu. Apakah model pembelajaran yang digunakan menggunakan pembelajaran:  Klasikal, Kelompok, Sudut Kegiatan, Sentra atau area bermain, Montesorri, BCCT, dan lain sebagainya, adalah hal yang dikembalikan kepada masing-masing pelaksana atau pendidik. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi orang tua dan pendidik untuk mengeksplorasi penggunaan model atau pendekatan belajar yang cocok bagi anak dan lingkungan yang ada.

Saya menyadari bahwa dalam penyusunan panduan ini masih terdapat banyak kekurangan, dan saya sangat mengharapkan berbagai masukan berupa kritik dan saran yang baik dari pembaca dan khususnya dari para penggiat dunia pendidikan khususnya terutama PAUD. Semoga serangkaian kegiatan dalam GCompris dan panduan saya dapat memberikan manfaat bagi perkembangan PAUD secara khusus dan pendidikan anak (dalam berbagai domain: Formal, Non Formal, dan Informal) secara umum.

Fiuh…….. 😀 , inilah akhir dari serangkaian panduan GCompris.

Happy GCompris-ing 😀

← Artikel sebelumnya

Home (daftar artikel)

The following two tabs change content below.
tinggi 165 cm, berat 50 kg, kulit kuning langsat, rambut lurus, lahir dan besar di semarang

Latest posts by mmustofa (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *