Pagi tadi, Jumat 28 Oktober, saya mendapat kelas cukup intensif dengan Manajer Rilis Blankon. Beliau membagi materi tentang salah satu aplikasi menarik yang terdapat dalam distro BlankOn, Maleo namanya. Saya pribadi memang ingin mengatakan bahwa Maleo ini merupakan salah satu “mainan” menarik yang terdapat dalam BlankOn. Untuk yang belum kenal dengan aplikasi ini, ada baiknya anda mengunjungi tautan ini.

Mengutip dari tautan tersebut, Maleo adalah sebuah HTML runner. Sederhananya seperti ini, Maleo merupakan alat yang akan membantu kita membuka sebuah laman online layaknya menjalankan aplikasi desktop. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.


kbbi-on-maleoTangkapan Layar: Membuka KBBI IV Daring dengan Maleo

Gambar di atas merupakan tangkapan layar Maleo yang membuka laman KBBI IV Daring. Melihat gambar di atas mungkin akan terbesit pertanyaan, “Lalu apa untungnya menggunakan Maleo, bukankah kita dapat melakukan hal serupa dengan penjelajah web biasa?”. Baik akan saya jawab secara subjektif.

Satu poin mendasar, menurut saya, Maleo dapat membantu Anda yang sering mengunjungi situs-situs tertentu tanpa harus repot-repot lagi membuka penjelajah web dan menuliskan alamat web pada kotak URL. Ya, dengan Maleo Anda cukup membuka laman yang Anda inginkan bahkan hanya dengan satu kali ketukan touchpad/click. Tidak percaya? Mari buktikan.

Pertama pastikan pastikan Maleo sudah terpasang pada sistem Anda. Jika belum, silakan unduh dan pasang Maleo melalui tautan sebelumnya. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan contoh menjalankan KBBI IV Daring dengan Maleo. Selanjutnya, silakan unduh source kbbi4-daring yang melalui tautan ini. Jika Anda terbiasa dengan aplikasi git, maka anda dapat menjalankan perintah di Terminal;

git clone https://github.com/raniaamina/kbbi4-daring.git

Saya asumsikan Anda telah mengunduh atau meng-kloning source tersebut pada direktori /home/namapengguna Anda. Bagi yang mengunduh (bukan kloning melalui git) jangan lupa untuk meng-ekstrak berkas hasil unduhan tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya, buka Terminal Anda dan jalankan aplikasi tersebut melalui perintah;

maleo /home/namapengguna/kbbi4-daring/

Jika berhasil, maka sebuah jendela akan terbuka sebagaimana gambar pertama di atas. Selamat anda telah menjalankan Maleo! Menjalankannya harus lewat terminal? Eits, bukankah sebelumnya disinggung dapat menjalankan maleo hanya dengan sekali klik? Baik-baik akan saya lanjutkan. Salah satu hal konkret yang dapat memenuhi keinginan ini adalah dengan membuat pintasan Maleo pada desktop. Dalam hal ini tentunya akan fokus pada desktop BlankOn.

Langkah pertama untuk memulai aksi ini adalah dengan membuka direktori /home/namapengguna/Desktop pada direktori tersebut silakan buat berkas dengan penyunting teks dengan nama kkbi4-daring.desktop. Kemudian isikan baris-baris kode dari tautan ini pada berkas yang telah dibuat tersebut.

Setelah sudah, simpan dan silakan cek desktop Anda. Jika langkah yang Anda lakukan benar, maka secara ajaib akan muncul pintasan kbbi4-daring sebagaimana gambar berikut. Dan seperti yang saya ungkapkan di atas, anda cukup melakukan satu kali klik untuk menjalakan “aplikasi” yang baru saja Anda buat.

kbbi4-daring

Jika anda ingin mengkases laman-laman lain, Anda dapat menyesuaikan konfigurasinya dengan menyunting berkas config.xml dan index.html. Sedikit petunjuk, berkas config.xml memuat pengaturan ukuran jendela yang akan dibuka, nama jendela, deskripsi aplikasi, alamat tautan yang hendak diakses, pengaturan ikon serta acuan konten dan terakhir lisensi. Sedangkan berkas index.html merupakan berkas yang akan menentukan laman mana yang akan diakses oleh Maleo. Dengan kata lain, Anda dapat mengubah baris-baris tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Selain kedua berkas tersebut, untuk hasil yang maksimal jangan lupa menyunting berkas pintasan yang Anda buat di direktori Desktop tadi. Sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

The following two tabs change content below.
Mahasiswa Sastra Indonesia yang kepincut dengan perangkat lunak open source.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *