Remix OS merupakan sebuah Sistem Operasi berbasis android yang memang di khususkan untuk PC. Remix OS untuk PC memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Android pada setiap perangkat yang kompatibel dengan PC berbasis Intel.

Mungkin sudah banyak yang tau tentang Remix OS atau bahkan sudah pernah menginstal dual boot dengan windows, karena panduan untuk menginstalnya dual boot dengan windows sudah disertakan kedalam file zip yang kita unduh bersama dengan file iso Remixos.

Bagaimana jika anda pengguna linux khususnya pengguna Blankon yang ingin menikmati fitur-fitur dari RemixOS ?, berikut saya akan berbagi pengalaman saya bagaimana menginstall Remix OS di direktori Blankon, tanpa harus dipartisi.

  1. Pertama, kita unduh terlebih dahulu file image RemixOS, kita dapat mengunduh RemixOS dari distrowatch atau langsung ke website resmi Remix OS. File yang akan kita unduh merupakan file berbentuk zip yang berisi dengan panduan, file exe (windows) installer dan file iso RemixOS.

    Disini saya mengunduh RemixOS versi 64-bit, bagi yang ingin memasang RemixOS 32-bit, tinggal menyesuaikan.

  2. Lalu, ekstrak file yang ada didalam zip yang telah kita unduh tadi.

  3. Mount file iso hasil ekstrak zip dengan disk image mounter atau bisa juga di ekstrak pake archive manager atau software sejenisnya.

  4. Setelah kita ekstrak file iso dari Remix OS, kita akan membuat 2 folder didalam direktori root, yang masing-masing folder berfungsi sebagai folder data dan folder utama Remix OS. Buka terminal lalu ketikan “sudo nautilus /” untuk membuka direktori dengan akses root, lalu masukan kata sandi kemudian enter.

  5. Lalu buat folder baru, beri nama “RemixOS”. Didalam folder “RemixOS” buat folder baru lagi dengan nama “data”.

  6. Salin file “system.sfs”,”kernel”,”Initrd.img” dan “ramdisk.img” yang ada didalam file ISO RemixOS, ke direktori yang telah kita buat tadi yaitu “/RemixOS”. Folder “data” biarkan saja.

    ke direktori yang telah kita buat tadi yaitu “/RemixOS”. Folder “data” biarkan saja.

  7. Setelah kita selesai dengan salin menyalin file, sekarang kita akan mengedit menu grub agar nantinya boot RemixOS terdapat pada menu grub BlankOn. Pertama buka dulu file grub.cfg yang ada di direktori “/boot/grub/”. Ketikan di terminal “sudo gedit /boot/grub/grub.cfg”, Enter.

    Lalu akan masuk ke text editor gedit. Lalu tekan “CTRL+F”, dan cari “40_custom”.

    Disini kita akan menambah kan script menu grub untuk RemixOs kita, tapi jangan langsung edit, namun kita perhatikan direktori tempat file 40_custom berada. Yaitu “/etc/grub.d/40_custom”.

  8. Ketikan lagi di terminal “sudo gedit /etc/grub.d/40_custom”.

  9. Tempel script berikut dibawah text “# the ‘exec tail’ line above.

    menuentry 'Remix OS' --class android-x86 {
          insmod part_gpt
          search --file --no-floppy --set=root /RemixOS/system.sfs
          linux /RemixOS/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=remix_x86_64 androidboot.selinux=permissive CMDLINE REMOUNT_RW=1
          initrd /RemixOS/initrd.img
    }

    catatan :

    • Ganti “/RemixOS/system.sfs” dengan/RemixOS/system.sfs” jika file iso yang kalian download file sistemnya mempunyai format.img”

    • Ganti “androidboot.hardware=remix_x86_64 dengan androidboot.hardware=remix_x86 jika arsistektur sistem RemixOs yang kalian gunakan 32bit.

    • CMDLINE REMOUNT_RW=1scriptREMOUNT_RW=1 dapat dihapus karena hanya opsional saja. Fungsinya yaitu untuk mengakses file sistem RemixOS secara penuh, walaupun sebenarnya RemixOS yang terbaru telah menyediakan fitur pre-rooted namun kita masih dibatasi untuk mengakses direktory sistem.

  10. Terakhir lakukan update-grub untuk memperbaharui konfigurasi GRUB.

    sudo update-grub

  11. maka akan terlihat hasilnya pada “/boot/grub/grub.cfg

    Sekarang restart BlankOn untuk melihat hasilnya.

Menu pada grub BlankOn

splash screen RemixOs

tampilan desktop RemixOs

Selamat mencoba….

 

The following two tabs change content below.

Latest posts by Pantana (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *