Berbeda dengan sistem operasi tertutup, GNU/Linux termasuk BlankOn GNU/Linux menggunakan sistem manajemen paket perangkat lunak yang berasal dari satu tempat yaitu lumbung (repository). Dan umumnya, lumbung paket berasal dari server web yang artinya Anda memerlukan koneksi internet tiap kali akan melakukan pemasangan paket. Tentunya, dengan cara seperti ini, Anda tidak dapat menekan biaya bandwith internet.

Kemudahan dari Alldeb manager

Memang, Anda juga dapat menekan biaya bandwith internet dari pemasangan suatu perangkat lunak dengan menjalankan berkas DEB. Namun, tidak semua perangkat lunak hanya membutuhkan satu berkas DEB. Boleh jadi, dibutuhkan sejumlah berkas agar perangkat lunak tersebut dapat dijalankan.

Alldeb manager hadir untuk memudahkan pengguna GNU/Linux dengan distribusi Debian maupun turunannya. Melalui Alldeb Web Maker, berkas-berkas DEB yang dibutuhkan oleh suatu perangkat lunak akan dibuat dalam satu berkas tunggal berekstensi Alldeb. Praktis bukan?

Di Balik Layar Proyek Alldeb

Nif Kurniawan-lah yang menyusun proyek Alldeb.Net. Beliau juga dibantu oleh berbagai pihak sebagaimana beliau sebutkan pada tautan kontak laman Alldeb.net. Untuk mengetahui lebih rinci apa itu Alldeb dan bagaimana cara kerjanya, Anda dapat merujuk pada tautan berikut: Apa itu Alldeb? dan Cara Kerja Alldeb

Memasang Alldeb Manager

Pertama, Unduh Alldeb manager sesuai dengan arsitektur sistem operasi Anda.

32-bit  atau  64-bit

Setelah diunduh, Anda dapat mengecek integritas berkas tersebut dengan ringkasan md5sum:

32-bit: afe37728479e66d130f2825ff22905ae

64-bit: 524fb3cfb5158e32794fab7375b9edc1

Kedua, Jalankan berkas tersebut dengan klik ganda atau buka dengan menggunakan aplikasi GDebi Package Installer.

 Mengunduh berkas Alldeb dan memasangnya

Setelah Alldeb Manager terpasang, Anda tinggal mencari berkas Alldeb untuk aplikasi yang Anda butuhkan.

Pertama, Unduh Aplikasi yang Anda cari pada laman Alldeb Web Maker

Pilih Distribusi Anda, lalu Arsitekturnya, kemudian isi nama paketnya seperti pada gambar berikut.

Jika proses pembuatan berkas Alldeb gagal karena paket tidak tersedia, lakukan pencarian nama paket. Boleh jadi Anda salah memasukkan nama paket.

Seharusnya nama aplikasi “kbbi-qt”

Jika Anda ingin agar berkas Alldeb ini lebih luas jangkauannya, Anda dapat memilih opsi misalnya untuk BlankOn: “semua build berbasis BlankOn X” dengan catatan opsi ini membuat ukuran berkas Anda lebih besar, namun dapat digunakan untuk distribusi turunan BlankOn seperti Edusantara.

Proses pembuatan Alldeb aplikasi KBBI-Qt telah selesai

Kedua, jalankan berkas Alldeb Anda dengan klik ganda atau Anda dapat menjalankan Alldeb Manager dari bilah aplikasi kemudian mencari target Alldeb.

Alldeb Manager (mode root) dapat Anda gunakan bila jumlah aplikasi yang akan dipasang lebih dari satu. Perbedaannya hanyalah terletak pada masukan password. Alldeb Manager (ikon hijau) akan selalu meminta Anda memasukkan password tiap kali Anda akan memasang aplikasi.

Selanjutnya, pilih install untuk memasang aplikasi. Proses pemasangan akan membuka jendela terminal secara otomatis dan meminta Anda memasukkan password. Biarkanlah Alldeb manager ini memasangkan aplikasi Anda hingga selesai.

Opsi “ekstrak .deb ke” digunakan jika Anda juga hendak menginstal sekaligus menyalin isi berkas Alldeb ke APT Archives atau tempat lainnya.

Demikianlah panduan ringkas mengenai Alldeb Manager. Anda tinggal mengarsipkan dengan baik berkas-berkas Alldeb tersebut. Jika suatu saat Anda ingin memasang ulang Distribusi Anda, Anda dapat menggunakan Alldeb Manager untuk memasang perangkat-perangkat lunak Anda tanpa memerlukan koneksi internet alias luar jaringan (luring).

Andapun dapat memberikan salinan berkas-berkas Alldeb Anda ke pengguna distribusi yang sama dengan Anda agar mereka juga dapat menggunakannya. Nah, mudah bukan mendistribusikan Free Software?

Semoga para pengembang distribusi lokal terkhusus BlankOn akan memasukkan Alldeb manager ke dalam lumbung atau sebagai perangkat lunak bawaan pada rilis BlankOn Uluwatu. Semoga!

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *