Bagi sebagian orang, termasuk saya sendiri, terminal itu “gelap” dan tidak ramah pengguna. Oleh karena itu, perangkat lunak ada yang dengan antarmuka Cli (Command Line Interface) dan GUI (Graphical User Interface). Yang terakhir ini untuk pengguna pemula, meski dalam sebagian keadaan, pengguna pemula tetap dituntut untuk menggunakan terminal.

Untuk apa?

Umumnya, keterangan waktu modifikasi suatu berkas itu tidaklah penting bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, berbeda dengan apa yang terjadi pada FezT. Dengan keterangan waktu ini, Anda dapat melihat urutan berkas berdasarkan waktu kejadian atau dibuatnya. Sedangkan untuk perintah mendapatkan ringkasan md5sum, dimaklumi bahwa itu untuk menjamin integritas suatu berkas dari pemberi ke penerima berkas.

Ubah waktu modifikasi berkas

Tidak perlu memasang aplikasi tambahan. Bukalah aplikasi terminal pada bilah menu aplikasi Anda atau melalui peluncur pada Desktop BlankOn Tambora kemudian ketikkan perintah berdasarkan format berikut :

touch /targetfolder/namaberkas.ekstensi -a -m -t yyyymmddhhmm.ss

atau untuk sekumpulan berkas sekaligus dengan format perintah:

touch /targetfolder/* -a -m -t yyyymmddhhmm.ss

Sebagai contoh, semua berkas target akan diset pada tanggal 25 Mei 2015 Pukul 07:30:15:

touch ~/Downloads/* -a -m -t 201505250730.15

Keterangan:

yyyymmdd : TahunBulanTanggal, contoh: 20160202

hhmm.ss: JamMenit.Detik, contoh: 2030.15

Jika nama berkas Anda mengandung spasi, tambahkan backslash( \ ) di belakang kata pertama. Contoh: namaberkas\ baru.ogg

 

Bila ingin lebih ringkas, pilih “Open in Terminal” dengan klik kanan pada area kosong dalam target folder kemudian ketikkan perintah berikut:

touch -a -m -t yyyymmddhhmm.ss namaberkas.ekstensi

atau untuk sekumpulan berkas sekaligus dengan format perintah:

touch -a -m -t yyyymmddhhmm.ss *

Catatan: sayangnya, keterangan waktu modifikasi akan berubah jika berkas tersebut merupakan hasil unduhan. Waktu modifikasi akan sesuai dengan waktu kapan berkas tersebut diunduh. Berbeda jika berkas tersebut hasil salinan dari media penyimpanan lainnya. Keterangan waktu modifikasinya tetap dipertahankan.

Dapatkan ringkasan md5sum

Cukup mudah untuk mendapatkan ringkasan md5sum suatu berkas di sistem operasi GNU/Linux. Cukup jalankan Terminal dengan perintah md5sum namaberkas di direktori berkas tersebut berada. Namun, bagaimana jika berkas tersebut jumlahnya banyak? Anda dapat menjalankan salah satu dari perintah dengan format berikut:

md5sum /target/folder/*

Sebagai contoh, target folder: /home/ayid/Downloads/

maka perintah yang dimasukkan: md5sum /home/ayid/Downloads/* atau md5sum ~/Downloads/*

Jika Anda menginginkan agar ringkasan md5sum langsung tertuang di dalam dokumen, jalankan perintah dengan format berikut:

md5sum /target/folder/* > /target/hasil/namaberkas.txt

Sebagai contoh,

md5sum ~/Downloads/* > ~/Downloads/md5sum.txt

Jika Anda kesulitan mendapatkan informasi lokasi berkas Anda, cukup klik kanan pada area kosong dari folder Anda dan pilih “Open in Terminal”. Perintah tersebut tentunya menjadi lebih ringkas:

md5sum * > namaberkas.txt

 

Bahan Bacaan:

* http://askubuntu.com/questions/62492/how-can-i-change-the-date-modified-created-of-a-file

* https://askubuntu.com/questions/907953/how-can-i-recursively-list-md5sum-of-all-the-files-in-a-directory-and-its-subdir

 

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *