Assalamualaikum wr.wb.

Mungkin kekhawatiran kebanyakan orang yang ingin migrasi ke linux adalah “apakah ada gim di linux?”. Saya pun dulu demikian karena saya memang termasuk penyuka gim. Tapi semakin sering menggunakan linux saya semakin tahu kalau gim di linux ada banyak sekali dan tidak kalah serunya dengan di Windows. Dan untuk mendapatkan sepatu membantu kalian dalam dunia gim di linux saya telah membuat daftar website / aplikasi yang sebaiknya kalian ketahui.

1. Steam

Banyak dari kalian pasti sudah tahu tentang Steam. Saat artikel ini ditulis ada lebih dari 4000 gim untuk linux. Dan kemungkinannya akan terus pertambah dengan pesat. Dan kalau kamu belum menginstall Steam di linuxmu, kamu bisa mengikuti panduan berikut.

2. Itch.io

Itch.io hampir sama seperti Steam di mana ia menyediakan banyak gim dari yang free to play sampai yang berbayar. Dari sinilah juga saya tahu tentang gim Doki-Doki Literatur Club (maaf agak jejepangan). Oh ya di sini juga menyediakan soundtrack, software, komik, dan juga buku.

3. Game Jolt

Game Jolt hampir sama seperti Steam dan Itch.io yaitu game marketplace. Game Jolt sendiri mempunyai sekitar 5000 koleksi gim indie untuk linux. Sejujurnya saya tahu Game Jolt akhir-akhir ini setelah melihat di laman resmi Red Eclipse. Saat ini gim yang saya unduh dari Game Jolt baru Red Eclipse saja.

4. LGDB

LGDB adalah singkatan dari Linux Game DataBase ini berbeda dengan 3 daftar di atas. LGDB bukan game store. Tapi web yang mendokumentasikan gim-gim yang ada di linux dan juga disertai link dimana kamu dapat mengunduh game yang kamu cari. Oh dan juga mereka juga memberi daftar tentang Emulator, Tool, dan Game Engine.

5. Lutris

Koleksi gim kalian banyak dan ingin terlihat rapi? Jawabannya kalian bisa pakai Lutris. Kegunaan Lutris sendiri untuk menginstall dan mengelola gimmu untuk terlihat lebih rapi. Lutris tidak hanya membantu mengelola gim yang berjalan secara native tapi juga gim yang berjalan di atas wine, emulator, dan juga browser.

Gim DDLC yang berupa excutable(.sh) muncul di panel kiri Blankon

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *