Meski saya pribadi tidak pernah merasakan nuansa forum di kanal IRC, namun konon katanya Telegram kini menjadi sarang baru bagi pengembang aplikasi. Sudah Jarang yang menggunakan IRC. Telegram memang sangat handal dalam mengakomodir kebutuhan perpesanan bagi penggunanya. Diantara yang spesial dari Telegram dibanding aplikasi perpesanan lainnya yaitu adanya bot.

Begitu banyak bot yang tersedia di jagat Telegram. Diantara yang bisa Anda gunakan sebagai creator atau admin grup adalah bot Grup Butler. Pada artikel kali ini, saya akan memaparkan langkah-langkah mengatur beberapa fungsi bot ini di dalam grup.

  • Temukan bot Grup Butler. Bisa dengan mengklik tautan sebelumnya atau mencarinya dengan username: grupbutler_bot
  • Jalankan bot tersebut dan masukkan ke dalam grup Anda.
  • Ketuk group info dan pilih opsi manage group > Convert to Supergroup
  • Ketikkan perintah !config di dalam grup Anda. Bot akan mengirimkan Anda menu pengaturan secara privat
  • Sesuaikan dengan fungsi yang kalian inginkan

Welcome message

Ini diantara fitur penting yang dapat digunakan untuk menyambut anggota baru sekaligus menyertakan pesan atau tautan aturan grup. Bukalah  opsi menu maka akan muncul banyak pengaturan. Jika ingin sekedar membuat pesan selamat datang, Anda bisa mengaktifkan checklist Welcome dan Delete Last Welcome Message

Kemudian, kembali ke grup dan ketikkan format pesan welcome:
untuk membuat pesan dengan bunyi:
Selamat datang rekan X di grup Belajar Bot!
maka Anda harus mengetikkan perintah berikut:

!welcome Selamat datang rekan $name di grup Belajar Bot!

Kick and Ban

Berbagai kelebihan supergrup juga dijadikan oleh spammer untuk menabur pesannya sembarangan. Dengan fitur Kick dan Ban, Admin akan mudah mengeluarkan pengguna model seperti itu, baik dikeluarkan saja (kick) maupun dikeluarkan dan diblokir (ban). Agar bot dapat bekerja, pastikan bot dijadikan sebagai admin. Ingat, hanya creator grup yang bisa mengangkat admin.

Bagaimana caranya?
Reply / balas pesan dari target pengguna dengan mengetikkan:
!kick atau !ban. Anda juga dapat menjalankan perintah kick atau ban tersebut langsung dengan perintah:

!kick @username

Warn

Beberapa pengguna mungkin melakukan kesalahan dalam grup Anda karena ketidaktahuan mereka terhadap peraturan grup. Pengguna model seperti ini selayaknya diberi peringatan saja. Nah, beruntung bot ini bisa mengalkulasi jumlah peringatan yang diterima pengguna hingga akhirnya ia dikeluarkan atau diblokir.

Buka menu pada percakapan privat dengan bot. Atur jumlah Warn dan jenis Action yang dipilih.

Pada tutorial ini, dipilih dua kali peringatan. Pengguna yang mendapatkan dua kali peringatan otomatis akan ditindak oleh bot sesuai dengan jenis action yang dipilih

Backup and Restore Setting

Silakan berlangganan dengan kanal resmi dari bot ini di Kanal Bot Grup Butler. Dari kanal ini, Anda akan diberitahu pada pesan tersemat agar sering-sering melakukan backup pada grup.

untuk pengguna @GrupButler_bot kami informasikan sering sering melakukan backup pada grup kalian masing masing dengan perintah /snap untuk memperkecil kemungkinan terjadi nya error pada server bot. perintah /snap akan membackup ( pesan extra, whitelist, warn, spam warn, rules )

untuk restore 
forward file hasil snap ke grup terus replay dan ketik /import

lebih baik mencegah sebelum kejadian

Silakan jalankan perintah !snap pada grup Anda maka Anda akan mendapatkan berkas backup secara privat. Lihat gambar berikut:

Untuk mengembalikan hasil backup ini, forward pesan backup ini ke dalam grup, balas kemudian ketikkan perintah !import

Menarik bukan? Itulah beberapa fungsi dari bot ini. Anda selanjutnya bisa mengeksplorasi secara mandiri, misalnya fitur extra, Anti Flood, Anti Spam. Saya pun mengeksplorasi hingga panduan ini bisa saya tuliskan.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *