Pengetahuan mengenai aplikasi padanan dari sistem operasi tertutup mutlak diperlukan sebelum memutuskan bermigrasi menggunakan GNU/Linux. Beragam aplikasi padanan multimedia juga tersedia untuk GNU/Linux yang sekali lagi menjadi bukti bahwa GNU/Linux memang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Telah banyak program konversi multimedia yang saya coba hanya untuk menggantikan program konversi saya dahulu. Sebut saja FFmpeg, winFF, HandBrake, VLC, dlsb. Namun, antar muka dari MMC ini menurut hemat saya itu sangat ramah pengguna.

Mobile Media Converter (MMC)

Program besutan Miksoft ini bersifat Open Source dan mampu membuat sejuk penggunanya juga mampu mengonversi audio maupun video dengan cepat. Anda dapat mengunduh berkas DEB-nya dari laman resminya.

32-bit  atau  64-bit

Silakan pasang melalui jendela terminal dengan format perintah:

sudo dpkg -i nama_berkas.deb

Jika muncul galat saat pemasangan karena ketergantungan paket lain, jalankan saja perintah sudo apt-install -f.

Tips: ikon pada menu Tambora tampak seperti pada gambar di bawah ini:

Untuk memperbaikinya, ubah mmc.png menjadi mmc pada berkas mmc.desktop. Jalankan perintah berikut:

$ cd /usr/share/applications/
$ sudo gedit mmc.desktop 

Dukungan Format

MMC mendukung beberapa format multimedia diantaranya .amr, .3gp, .mp3, .wma, .wav, .avi, .mpg, .wmv, .mov, dan .mp4. Pengaturan lebih lanjut dari opsi konversi dapat diatur pada menu Advanced, seperti bitrate, frequency, channel, dlsb.

Berikut tangkapan layar dari antarmuka aplikasi MMC:

 

 

Sayangnya, saya belum bisa melakukan penambahan pada profil configuration meski sudah terhubung dengan internet. Mungkin, satu-satunya cara untuk menambahkan profil yang belum tersedia seperti *.ogg yaitu dengan melakukan duplikasi profil dan mengonfigurasi secara manual. Mudah-mudahan suatu saat bisa dituliskan dokumentasi penambahannya.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *