Beberapa waktu lalu, telah saya tuliskan panduan merekam keluaran suara dari amplifier dengan menggunakan aplikasi Audacity. Kali ini, insya Allah akan saya lanjutkan dengan mengolah hasil rekaman tersebut yaitu mengurangi noise dengan menggunakan Audacity.

Noise reduction

Efek Noise reduction dapat mengurangi suara lain dari suara utama seperti suara dengungan atau deruman, siulan, rengekan, dan “hiss” atau desis serta suara bawaan dari siaran radio atau streaming. Fungsi noise reduction tidak cocok digunakan untuk noise yang tidak beraturan seperti suara audiens atau suara sekitar dari lalu lintas.

Untuk menggunakan fungsi ini, Anda membutuhkan area dari audiogram yang hanya berisi noise yang akan dikurangi. Perlu diketahui bahwa bisa jadi tidak mungkin bagi Anda mendapatkan hasil pengurangan noise yang memuaskan jika noise tersebut sangat keras atau bervariasi atau suara utama tidak lebih keras dibandingkan noise itu sendiri.

Baik, saya akan mengunggah contoh rekaman yang mengandung noise dan akan saya perlihatkan cara mengurangi noise tersebut:

010 . Meminta Sumbangan di Lampu Merah.ogg (268 Kb)

Pada panduan ini, saya menggunakan Audacity 2.1.2 yang berjalan di atas BlankOn Tambora 32-bita. 
  • Ektrak dan buka berkas rekaman tadi dengan aplikasi Audacity
  • Perbesar grafik audiogram (hingga skala 0.5) dan gunakanlah headset agar noise bisa Anda bedakan dengan suara utama
  • Dengarkan dan bedakan noise dari suara. Pada berkas audio di atas, noise paling “mengganggu” terdeteksi pada detik ke 0.3 s.d 1.6. Seleksi noise tersebut!
  • Setelah terseleksi, buka menu Effect > Noise reduction sehingga muncul dialog berikut:

    Klik Get Noise Profil untuk menyampling suara noise yang akan dijadikan patokan dalam mengurangi noise dari keseluruhan suara.
  • Pilih area yang akan dikurangi noise-nya, dalam contoh ini, karena Audio berdurasi ringkas maka saya langsung menyeleksi keseluruhan suara (Ctrl + A) kemudian buka kembali menu Effect > Noise reduction untuk mengatur parameternya.

Catatan: Menyeleksi keseluruhan area tidak disarankan jika audio Anda tidak hanya menekankan pesan suara seperti pada berkas di atas (kategori ceramah). Asal pesan suara telah dianggap jernih, itu sudah mumpuni.

Atur parameter menjadi:
Noise Reduction (dB): 30
Sensitivity: 10
Frequency Smoothing (bands): 5

Keterangan:
Pengaturan parameter ini seringnya lebih baik hasilnya dengan coba dan gagal. Sesuaikan ketiga slider dari parameter kemudian gunakan tombol preview untuk mengecek hasilnya sebelum diterapkan. Anda juga bisa memilih opsi residue sebelum menekan tombol preview untuk mengecek seberapa keras noise yang akan dikurangi.

Perbedaan dan konsekuensi dari parameter Noise Reduction (dB),Sensitivity dan Frequency Smoothing (bands) tidak akan saya paparkan dalam panduan ini.

  • Terakhir, tekan Ok dan jika hasilnya dianggap mumpuni, silakan simpan berkas audio Anda dengan menekan pintasan Shift + Ctrl + E

Lihatlah perbedaanya?
Bandingkan dengan gambar berikut:
sebelum pengurangan noise

Silakan unduh hasil experimental saya dengan berkas audio di atas:

010. Meminta Sumbangan di Lampu Merah -edited.ogg

Referensi:
https://manual.audacityteam.org/man/noise_reduction.html

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *