Artikel sebelumnya dengan judul, “Mereduksi noise dari berkas audio dengan Audacity” telah saya publikasikan dan di dalamnya saya melakukan pengaturan parameter tanpa menyertakan penjelasan dari parameter tersebut. Memang, pengaturan parameter ini seringnya lebih baik hasilnya dengan coba dan gagal. Akan tetapi, dengan mengetahui prinsip umum dari parameter tersebut, tentu akan memudahkan kita melakukan pengurangan noise dengan lebih efektif.

Dari gambar di atas, terdapat tiga parameter:
1. Noise Reduction (dB)
2. Sensitivity
3. Frequency Smoothing (bands)

Mari kita bahas secara ringkas ketiga parameter ini:

  1. Noise Reduction (dB)
    Parameter ini mengontrol nilai dari besar reduksi yang akan diterapkan pada audio. Nilai terkecil tetap dapat digunakan untuk mengurangi noise sedangkan nilai yang lebih tinggi dari yang diperlukan memang bisa mengurangi banyak noise namun dengan konsekuensi merusak kualitas berkas audio yang diinginkan
  2. Sensitivity
    Parameter ini digunakan untuk mengontrol berapa banyak dari area audio yang dianggap sebagai noise. Dari skala 0 (nonaktif) s.d 24 (maksimal). Semakin besar nilai sensitivitas, semakin besar pula noise yang akan dikurangi dan mungkin juga mengorbankan bagian dari audio yang diinginkan.
  3. Frequency Smoothing (bands)
    Ada kemungkinan parameter ini dapat membuat audio yang diinginkan menjadi kurang jelas, jadi jika audio yang diinginkan sudah besar, frekuensinya luas dan noise-nya sedikit, sebaiknya biarkan parameter ini bernilai 0 (nonaktif).

Sangkalan:
Panduan ini disusun dengan keterbatasan pengalaman dan pengetahuan penulis tentang audio engineering. Penulis hanya menyusun panduan dasar ini sesuai dengan kebutuhan penulis yaitu untuk arsip rekaman audio pengajian agama Islam dan pemutaran ulang melalui media elektronik. Jika ditemukan kesalahan dari panduan ini, saya sangat berterima kasih jika Anda mau menunjukkannya. Insya Allah akan saya perbaiki di masa-masa mendatang.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *