Mind Maps (Peta Pikiran) adalah teknik grafis yang dapat menjadi kunci universal untuk membuka potensi otak. Diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1960an, kini Mind Maps telah digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia, baik yang muda maupun yang tua, kapanpun mereka ingin menggunakan pikiran mereka lebih efektif. Mind Maps dapat diterapkan pada setiap aspek kehidupan di mana peningkatan pembelajaran dan pemikiran yang lebih jelas akan meningkatkan kinerja manusia.

Meski penemu Mind Maps, Tony Buzan, tidak menyediakan iMind Maps untuk GNU/Linux, Anda tetap dapat membuat Mind Map digital dengan perangkat lunak padanan seperti:
* View Your Mind (VYM) -> tersedia dalam lumbung Tambora
* Freemind
* Mind Map Free (Daring)


Prinsip Membuat Mind Map

Pengulangan

Jika Anda ingin mengingat sekumpulan fakta, pidato maupun kata-kata, Mind maps akan sangat membantu Anda dengan kekuatan imajinasi dan asosiasi. Disebutkan dalam Buku Pintar Mind Map, 2009, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, hal. 125, bahwa terdapat rumus dalam pengulangan dan ingatan:

Pengulangan ke-1 – Tepat setelah Anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-2 – Satu hari setelah Anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-3 – Satu minggu setelah Anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-4 – Satu bulan setelah Anda pertama kali mempelajarinya
Pengulangan ke-5 – Tiga sampai enam bulan setelah Anda pertama kali mempelajarinya

Jika Anda mengikuti rumus ini, Anda akan mengingat apa yang ingin Anda pelajari secara permanen dan bahkan akan mulai ingat lebih banyak karena otak akan berfikir secara sinergis tentang informasi yang disimpannya dan mulai membuat kaitan-kaitan baru di antara apa yang diketahuinya

Akhirnya, mari bersama berproses memaksimalkan pemanfaatan teknik ini dan pilihan aplikasi saya jatuh pada VYM. Aplikasi mana yang kamu gunakan? Beritahu kami di kolom komentar!

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *