Pernahkah Anda mendapati seorang kawan yang menceritakan suatu kisah kecilnya bersama Anda sementara Anda sendiri tidaklah mengingat sedikitpun? Boleh jadi karena kisah tersebut sangat berkesan bagi kawan Anda atau ia menuliskannya di buku catatannya.

Jurnal Kehidupan

Menulis pengalaman bertabur manfaat atau pelajaran adalah sesuatu yang tak pantas ditinggalkan. Bukankah ia bisa menjadi pelajaran atau tutur cerita kepada generasi berikutnya?

Dahulu, orang-orang menuliskannya di atas kertas. Sangat berkesan!. Dari sini pun orang belakangan bisa mengetahui karakter umum penulisnya hanya melalui tulisan tangannya. Namun, saat ini, dengan kemajuan teknologi, menuliskannya dalam perangkat pengolah kata tentu lebih efisien dan efektif.

Tertarik menuliskan? Hal pertama yang Anda lakukan adalah memasang aplikasi pengolah kata, Lifeograph. Perintah sudo apt-get install lifeograph mesti Anda jalankan dari terminal.

Kedua, Klik ikon + dan pilih opsi Create A New Diary.
Anda harus memasukkan nama dan memilih lokasi simpan dari berkas diari Anda. Pastikan nama berkasnya berkstensi .diary. Sebagai contoh, kita masukkan nama Jurnal Kehidupan untuk berkas diarinya.

Anda juga bisa mengenkripsi catatan Anda dengan password. Centang bagian Encrypt Diary Content kemudian masukkan password Anda.

Dengan cara seperti ini, Anda akan dimintai password tiap kali Anda membuka berkas Anda. Bahkan, dalam waktu 90 detik (bisa disesuaikan dalam preferences), catatan Anda akan tersimpan dan Logout secara otomatis bila komputer dalam keadaan idle lebih dari 90 detik. Fungsi ini tidak terdapat pada aplikasi lain semisal Rednotebook.

Ketiga, Kenali antar muka aplikasinya.
Tampilan Awal setelah Anda membuat berkas catatan adalah seperti berikut:

Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan contoh catatan dan manual yang komprehensif. Kedua berkas ini hanya bisa dibuka dalam moda membaca, sedangkan berkas yang telah dibuat dapat dibuka dalam moda membaca atau mengedit.

Berikut format paling sering digunakan:
+ Paragraf pertama otomatis menjadi judul entri dalam format heading
+ Paragraf dengan tambahan satu karakter spasi di awal, akan berubah menjadi subheading
+ Untuk format tebal, miring, highlight dan garis tengah secara berturut-turut menggunakan pola diapit dengan karakter: * / _ / # / =
Silakan simak gambar berikut:

Terakhir, jangan lupa tambahkan tagar dan bila perlu tagar tersebut dimasukkan dalam kategori jika suatu saat entri dengan tagar tersebut semakin banyak jumlahnya.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *