Redshift? Iya. Redshift merupakan aplikasi yang sangat handal dalam mengatur tingkat kecerahan dari layar laptop Anda. Bahkan ia bisa diatur agar secara otomatis dapat menyesuaikan tingkat kecerahan sesuai dengan posisi matahari. Redshift juga telah tersedia dalam antarmuka GUI, meski demikian, dalam panduan kali ini, saya hanya akan memaparkan panduan sederhana dari penggunaan Redshift seperti Screen Filter pada gawai saya.

Aplikasi Screen Filter tak memiliki fitur otomatis. Namun jika dibutuhkan, tinggal membuka pintasan aplikasi, dan layar pun menjadi redup sesuai dengan pengaturan. Oleh karena itu, saya juga menginginkan fungsi Redshift yang serupa dengan Screen Filter. Tak perlu tentukan koordinat, tak perlu mengatur fitur otomatis. Jika diperlukan, tinggal menjalankan perintahnya.

Pasang Redshift terlebih dahulu dengan menjalankan perintah di jendela terminal:

sudo apt-get install redshift

Tak perlu pasang redshift-gtk, hemat saya, karena hanya fitur sederhana yang diperlukan. Setelah itu, Anda tinggal menjalankan perintah mengaktifkan Redshift atau mengembalikan ke pengaturan semula melalui jendela terminal.

Untuk mengaktifkan Redshift:
redshift -O 3500

Huruf O (kapital) disini maksudnya pengaturan one-shot. Nilai standar Redshift untuk siang dan malam hari secara berurutan yaitu 5500 dan 3500 (dalam Kelvin). Silakan atur angka tersebut sesuai dengan kenyamanan mata Anda.

 

Untuk mengembalikan seperti semula
redshift -x

Mudah bukan?! Saya kira perintahnya sangat sederhana dan tidak sulit untuk diingat. Atau Anda ingin membuat entri desktop untuk pintasan perintah di atas?? Silakan! Berikut pintasan desktop saya untuk kedua perintah di atas yang bisa diakses melalui bilah aplikasi.

Bahan bacaan:
https://www.maketecheasier.com/protect-eyes-redshift-linux/

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *