Di siang 22 Desember 2016, seseorang mengirim sebuah pesan pribadi kepada saya via Telegram. Orang tersebut bukan orang asing bagi saya, sebab beberapa kali saya sempat menjumpainya dalam beberapa obrolan di grup Telegram. Pesan yang ia kirim berupa pertanyaan sederhana, “Gimana cara aktifkan papan ketik arab di Tambora?”.

Sejenak saya sempat kebingungan juga lantaran belum pernah mengetik huruf arab di Tambora. Saya coba buka pengaturan papan ketik di Tambora, rupanya tak saya jumpai pengaturan layout di sana sebagaimana yang ada pada distro-distro lain. Baiklah, anggap saja saya memang tidak tahu bagaimana step by step untuk mengaktifkan papan ketik arab pada Tambora. Namun, gengsi donk kalau menyerah begitu saja untuk hal “sederhana” seperti ini. Hehe.

Saya pun memberikan salah satu cara alternatif untuk mengubah layout papan ketik dengan cepat melalui terminal. Dalam hal ini antara sok dan keren berbaur menjadi satu, tak apa yang penting bermanfaat.

Sederhananya, untuk mengubah layout papan ketik menggunakan terminal adalah dengan mengetikkan perintah:

setxkbmap -layout ara

[ENTER]

dan dalam hitungan detik, papan ketik akan berubah. Si Penanya tersebut agaknya puas karena langsung membalas pesan telegram saya dengan balasan الحمد لله. Namun masalah belum berakhir, sebab Si Penanya kebingungan untuk mengembalikan susunan papan ketiknya seperti sediakala. Nah, untuk mengembalikan susunan papan ketik seperti awal, dalam hal ini susunan US Qwerty, maka jalankan perintah:

setxkbmap -layout us

[ENTER]

Si Penanya tersebut akhirnya melakukan salin-tempel perintah ke terminalnya dan kembalilah papan ketiknya ke susunan semula. Masalahnya, alternatif seperti ini adalah alternatif yang sangat merepotkan. Mengetik perintah panjang di Terminal ataupun menyalin tempel perintah untuk mengganti susunan papan ketik bukanlah hal yang efisien. Oleh sebab itu, dalam kasus ini, ada baiknya perintah tersebut diringkas dengan memanfaatkan fitur alias.

Caranya? Buka direktori /home/namapengguna, lalu tampilkan berkas-berkas tersembunyi dengan cara menekan ctrl+h. Buka berkas .bashrc, lalu salin-tempel perintah berikut;

alias asa=’setxkbmap -layout ara’

alias شسش=’setxkbmap us’

taruh di bawah

#alias fgrep=’fgrep –color=auto’

#alias egrep=’egrep –color=auto’

dan sebelum

fi

Silakan coba buka terminal dan ketik “asa” lalu tekan ENTER. Maka susunan papan ketik akan berubah menjadi susunan arab, dan untuk mengembalikannya cukup ketik “ شسش” lalu tekan ENTER. Posisi huruf “شسش” sama dengan posisi “asa” sehingga tidak perlu menulis perintah panjang lagi untuk sekadar mengganti layout papan ketik. Apa yang saya tulis ini merupakan cara alternatif untuk mengubah susunan papan ketik. Saya sebut alternatif, karena kemungkinan ada cara yang lebih mudah dan sederhana dan saya belum mengetahui hal tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat.

CATATAN PENTING!

Pengubahan susunan papan ketik ke susunan Arab, terkadang dapat menyebabkan Anda gagal login jika sebelum reboot susunan tidak dikembalikan ke susunan papan ketik semula. Jika hal tersebut terjadi, silakan baca tulisan berikut ini untuk mengatasi permasalahan tersebut. Terima kasih.

The following two tabs change content below.
Mahasiswa Sastra Indonesia yang kepincut dengan perangkat lunak open source.

One thought on “Cara Alternatif untuk Mengubah Susunan Papan Ketik di BlankOn Tambora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *