Pada artikel pertama dari seri “Cara menggunakan beberapa fungsi Puddletag”, telah saya paparkan tiga panduan menggunakan fungsi yaitu Autonumbering wizard, Tag to filename, dan Filename to Tag. Pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan fungsi-fungsi yang lain dari Aplikasi penyunting tag ini.

Remove All fields Except

Apakah semua field harus Anda isi? Saya pribadi hanya mengisi field yang umum agar mudah diidentifikasi oleh perangkat keras seperti pemutar audio dan CD. Diantaranya, Title, Album, Track, Genre, dan Artist. Oleh karena itu, jika Anda memiliki berkas audio dan berisi tag yang tidak seragam dan juga berisi banyak Field yang “tidak perlu”, maka fungsi ini dapat Anda gunakan.

1. Pilih berkas audio yang hendak disunting

2. Buka menu Actions > Functions > Remove All Fields Except

3. Tentukan field yang ingin Anda pertahankan, catat, dan masukkan dalam kolom Field List pada Jendela Functions. Pisahkan dengan tanda titik koma (;) jika lebih dari satu field seperti pada gambar di bawah ini:

Melalui opsi Extended Tag (Ctrl + E), Anda bisa melihat field apa saja yang terdapat dalam berkas. Berikut gambar hasil dari penerapan fungsi Remove All Fields Except:

Load Artwork

Menambahkan Artwork atau Album Art sangat mudah. Melalui jendela Extended (Ctrl + E), Anda tinggal menambahkan gambar dengan dimensi umumnya 300 x 300 pixel.

Bagaimana jika berkas audio yang Anda ingin tambahkan Artwork berjumlah puluhan, bahkan ratusan? Fungsi Load Artwork dapat Anda gunakan dengan beberapa langkah berikut:

1. Pilih semua berkas dengan menekan Ctrl + A

2. Pindahkan berkas citra untuk Artwork ke dalam direktori yang sama dengan berkas audio.

3. Buka menu Actions > Functions > Load Artwork

4. Salin nama berkas citra tersebut lengkap dengan ekstensinya dan tempel pada kolom “File names to check” seperti pada gambar berikut:

Hasilnya dapat Anda lihat melalui jendela Extended (Ctrl + E) atau membuka menu Window > Artwork. Berikut tampilan melalui menu Extended :

Demikian pemaparan beberapa fungsi dari aplikasi penyunting tag, PuddleTag. Dokumentasi dari aplikasi ini dapat Anda lihat pada pranala http://docs.puddletag.net.

The following two tabs change content below.
Pengguna pemula BlankOn X Tambora 32-bita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *