Berhubung di grup Telegram BlankOn sedang ramai membahas Maleo, mari kita ikut bermain dengan burung asal Sulawesi yang hampir punah itu. Menyambung tulisan dari Pak Rania, mari kita edit berkas beliau supaya kita bisa main game lewat maleo :D.

blxgamemaleo

Salah satu situs yang menyediakan permainan gratis adalah gameeapp.com. Situs ini menyediakan beberapa permainan gratis berbasis html5. Selain bisa dimainkan langsung di peramban, beberapa permainan pun bisa kita mainkan di aplikasi Telegram. Nah kali ini mari manfaatkan fitur permainan gratis itu agar bisa dimainkan dari Maleo.

Untuk itu, silakan kunjungi dulu situs gameeapp.com, lalu pilih menu Play Free Games. Di situsnya, ada beberapa permainan yang bisa kita coba secara gratis, salah satunya permainan Rainbow Blocks.

Untuk bisa memainkan permainan ini di Maleo, mari kita salin kode dari menu bagian kanan atas, lalu nantinya kita tempelkan di berkas index.html. Simpan kode itu di bagian body ya.

blxmaleo1

Setelah itu, mari buka berkas config.xml, dan ubah id, width, dan height di bagian widget. Agar ukuran jendelanya pas dengan tampilan game, atur bagian width=860 dan height=540. Atur juga bagian yang lain seperti name, description, dll. Yang jangan sampai lupa, pastikan bagian content mengarah ke index.html yang kita buat.

Jika sudah, mari kita coba jalankan maleo, apakah sudah bisa menampilkan game atau belum. Sebelumnya pastikan dulu apakah ada koneksi ke internet atau tidak, ya.

$ maleo /berkas/tempat/menyimpan/direktori/game/

Kalau tidak ada halangan yang merintang, seharusnya muncul gambar seperti di atas. Selamat! Anda kini bisa main game dari Gamee App tanpa harus buka peramban atau aplikasi telegram :D. Kalau tidak, ya tidak selamat.

Oiya, bagi yang mau langsung main game Rainbow Blocks di maleo, boleh loh langsung unduh berkasnya dari sini 😀 #promosi.

The following two tabs change content below.
Jurnalis kemarin malam. Pengajar kurang ajar. Pengguna Linux level pra-newbie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *